News : Lomba Lukis Kolektif Pelajar 2017 Jadi Ajang Unjuk Diri Siswa Nasional

Masih dalam suasana merayakan bulan kemerdekaan, Galeri Nasional Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Lukis Kolektif Pelajar 2017. Lomba lukis kali ini merupakan yang ke-7 setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2009, 2010, 2012, 2013, 2014, dan 2016. Kegiatan dibuka resmi pada 26 Agustus 2017, pukul 09.00 WIB, di Ruang Serbaguna Galeri Nasional Indonesia. Sebanyak 136 siswa SD/MI/sederajat dari 34 Provinsi seluruh Indonesia menjadi peserta dalam Lomba Lukis Kolektif Pelajar 2017.

Pada penyelenggaraan kali ini, secara berkelompok para peserta tersebut diajak merespon tema “Cintai Ibu Pertiwi” dalam bentuk karya seni lukis.  Selama proses melukis, para peserta tidak diperkenankan untuk didampingi orang tua maupun guru pendamping. Para peserta juga tidak diperbolehkan membuat pola gambar sebelum waktu lomba dimulai. Hal ini dimaksudkan untuk melatih sikap sportivitas dan kekompakan antara teman satu tim maupun regu lainnya.

Setelah sesi melukis usai, hasil lukisan peserta disatukan dengan lukisan rekan satu timnya, sehingga setiap kelompok menampilkan satu lukisan utuh yang terdiri dari 4 (empat) lukisan yang saling terkait. Karya lukis yang telah disatukan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari oleh Suwarno Wisetrotomo (Kurator Galeri Nasional Indonesia), Ipong Purnama Sidhi (Seniman), dan Luna Sehati (Pendidik/Pengamat Seni Rupa Anak). Hasilnya terpilih lima karya terbaik yang menjadi pemenang dan masing-masing berhak memperoleh piala Galeri Nasional Indonesia, sertifikat, serta hadiah pembinaan.

Pemenang Terbaik I berhasil diraih oleh I Putu Gede Wiguna Suputra, I Kadek Satria Mandala, I Gusti Ayu Widhiasih, dan Ni Kadek Lidya Anggreaningsih perwakilan Provinsi Bali. Sebagai Pemenang Terbaik II adalah M Anzani, Hanifah Adisty, Aulia Rahmadandi Gunawan, dan YR Sakha Khatin Maarif perwakilan Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan Pemenang Terbaik III diraih oleh Levant Wanua Mallawa, Ledy Keysha Kusumahadi, Ayasna Adhia Zahra, dan Cynnara Ardelia Alaudin perwakilan Jawa Timur. Selanjutnya Pemenang Harapan I jatuh kepada Selestinus Mariano, Raphael Rakapela, Chinsi Mioshagrina, dan Hana Nurnajmah dari Provinsi Kalimantan Tengah. Pemenang Harapan II diberikan kepada Fadilla Ulfa Najwa, Christian Lionel, Umi Hanny, dan Stephanie Jesslyn asal Kalimantan Barat.

Melalui penyelenggaraan kegiatan Lomba Lukis Kolektif Pelajar Nasional 2017, Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Sukmana berharap jika kegiatan ini dapat memberikan ruang ekspresi bagi para pelajar dari sabang sampai merauke di seluruh Indonesia. “Kegiatan ini diharapakan menjadi ruang ekspresi para pelajar untuk dapat menumbuhkan kreativitas dibidang seni rupa dan menjadi media/sasaran pendidikan karakter”, jelas Tubagus Sukmana.

Lebih lanjut, Tubagus Sukmana berharap agar kegiatan ini bisa mendorong tumbuh-kembang seni lukis anak Indonesia. Selain aspek kesenian, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang untuk menanamkan nilai-nilai persahabatan, solidaritas, sportivitas, dan karakter bangsa.

Kepada para pemenang, selamat dan sukses selalu!

*fii/GNI