News : Menjelajah Seni Media Baru dalam Festival Seni Media Internasional: Instrumenta #2 MACHINE/MAGIC

Menjelajah seni media baru dalam Festival Seni Media Internasional: Instrumenta #2 MACHINE/MAGIC

Pernahkah terbayang jika bakteri dari tubuh dapat merespon musik klasik? Atau bagaimana jika penculikan oleh UFO terjadi? Fenomena aneh dan magis ini dapat Anda temukan di Galeri Nasional Indonesia dalam Festival Seni Media Internasional: Instrumenta #2 MACHINE/MAGIC.

Instrumenta #2 MACHINE/MAGIC merupakan perhelatan Festival Seni Media Internasional kedua yang digelar oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menghadirkan 28 seniman yang terdiri dari tujuh seniman internasional dan 21 seniman Indonesia, diharapkan kegiatan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan seni media di dunia pendidikan, khususnya terkait pengembangan dan pembinaan seni, seperti yang disampaikan Tubagus ‘Andre’ Sukmana dalam press conference pada Rabu 23 Oktober 2019.

Direktur Artistik Festival, Agung Hujatnikajennong menyebutkan bahwa festival ini terdiri dari banyak program, seperti pameran, wicara seniman, diskusi panel, lokakarya, dan perfomans. Setiap program menampilkan seniman-seniman yang terinspirasi dari fenomena science fiction, mereka menggunakan sains dan teknologi untuk mengkritik sains dan teknologi itu sendiri.

Seperti yang bisa dinikmati dalam pameran pada karya Benny Wicaksono yang terinspirasi dari CCTV, menunjukkan simulasi bagaimana teknologi diciptakan pemimpin untuk mengawasi masyarakatnya dan mampu menciptakan dampak positif atau negatif. Atau karya dari seniman internasional asal Malaysia Nur Amira Hanafi tentang bakteri dan suara. Amira yang memiliki latar belakang pendidikan biologi, melakukan eksperimen yang melampaui imajinasi dengan objek yang dekat dengan kita semua, bakteri di tubuh manusia. Dan karya kolaborasi Rega Rahman dan Bandu Darmawan yang merespon pengalaman pelukis Sudjana Kerton tentang pengakuannya yang diculik Unidentified Flying Object (UFO).
Masih banyak lagi karya seniman lainnya yang menggabungkan teknologi, sains, dan multimedia yang dapat memberikan pengalaman magis. Program pameran ini dapat diapresiasi setiap hari pukul 10.00 hingga 19.00 WIB sampai 19 November 2019, di Gedung A dan C Galeri Nasional Indonesia. Untuk jadwal lengkap kegiatan Festival Seni Media Internasional Instrumenta #2: MACHINE/MAGIC dapat dilihat di media sosial Galeri Nasional Indonesia atau Instagram Instrumenta (@instrumenta.festival).

*cki/tnr/gni