Laporan : Program Dukungan Sinergi Budaya GNI 2014 - Vredeburg Fair 2014

Nama Kegiatan            Workshop Membuat Topeng Kertas dalam Vredeburg Fair 2014
Tema  “Pelangi Museum Nusantara”
Waktu Pelaksanaan 20-24 Juni 2014
Tempat  Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Jln. Jenderal Achmad Yani No. 06, Malioboro, DI Yogyakarta.

 

Program dukungan sinergi budaya Galeri Nasional Indonesia (GNI) 2014 adalah salah satu program yang bersifat edukatif-kultural. Kegiatan ini diharapkan memperluas wawasan, serta meningkatkan kreativitas dalam berkarya rupa. Tujuannya untuk memberikan ruang ekspresi kepada masyarakat, khususnya pelajar. Selain itu, tersebarluaskannya informasi mengenai GNI, baik program maupun kegiatan kepada masyarakat di wilayah sekitar Yogyakarta. Juga, tentang eksistensi GNI sebagai museum dan pusat aktivitas seni rupa, serta salah satu destinasi rekreasi wisata-budaya.

Kegiatan Vredeburg Fair 2014 merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Vredeburg Fair 2014  dengan mengambil tema “Pelangi Museum Nusantara”, mengandung arti untuk menghadirkan warna-warni yang berbeda dari peserta pameran museum, sehingga tercipta pelangi, baik itu menyangkut koleksi maupun program-program yang diaplikasikannya.

Tahun ini, kegiatan Vredeburg Fair diikuti 14 museum dari seluruh Indonesia, di antaranya, Mus. Benteng Vredeburg Yogyakarta, Mus. Perjuangan Rakyat Jambi, Mus. Sumpah Pemuda-Jakarta, UPTD Mus. Kabupaten Subang, Mus. Perumusan Naskah Proklamasi-Jakarta, Mus. Joang 45-Jakarta, Mus.Penerangan-TMII Jakarta, Galeri Nasional Indonesia, Mus. Lambung Mangkurat-Kalimantan Selatan, Mus.Transportasi-TMII Jakarta, Monumen Pers Nasional-Surakarta, Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Mus. Perjuangan Rakyat Kalimantan Selatan “Waja Sampai Kaputing”, serta Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta. Selain itu, pameran diikuti oleh 8 Komunitas Sahabat Museum, antara lain, Komunitas Yogyakarta 1945, Komunitas Babad Bandhayuda, Komunitas Guyub Seni, Komunitas Indonesian Crafter, Komunitas Rajuters van Jogja, Himpunan Mahasiswa Public Relation ASMI Santa Maria, Himpunan Mahasiswa Pariwisata UGM, dan Komunitas Sepeda Tua “Podjok”.

Acara ini diadakan dalam mengapresiasi perubahan (terkini) yang terjadi di dunia permuseuman, yakni paradigma partisipatori. Konsep paradigma partisipatori adalah keterlibatan antara masyarakat/pengunjung dengan program-program yang telah dibuat oleh museum (GNI). Dengan kata lain, bagaimana GNI memberikan peluang sebesar-besarnya kepada masyarakat dan komunitas yang ada di dalamnya untuk terlibat dalam pelbagai kegiatan yang telah diselenggarakan oleh GNI.

Kegiatan Vredeburg Fair 2014 ini terbuka untuk umum, dan selama pameran berlangsung (20-24 Juni 2014), pengunjung tidak dipungut biaya. Setiap harinya, pameran dibuka mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Sebelum acara pameran dibuka, pengunjung disuguhi aksi teatrikal (Komunitas Djogdjakarta 1945) yang sangat memukau, berupa pertempuran rakyat Yogyakarta dalam merebut kembali Kota Yogyakarta dari penguasaan penjajah Belanda.

Pembukaan Acara pada Jumat, 20 Juni/pukul 14.00 WIB, dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud, Prof. Kacung Marijan ditandai dengan memukul gong, di dampingi Kepala Museum Benteng Vredeburg, serta pejabat di lingkungan Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, juga diadakan gelaring Maskot Museum (launching) “Pak Pandu”. Setelah acara dibuka, tamu undangan (pengunjung) mulai mengunjungi stand peserta pameran Vredeburg Fair 2014.

Sementara itu, pada Sabtu 21 Juni 2014 GNI mengadakan kegiatan workshop membuat topeng berbahan kertas dengan menghadirkan narasumber Yuswantoro Adi (perupa/Yogyakarta). Pengunjung stand GNI berjumlah ±700 orang, sementara peserta yang mengikuti workshop tersebut sebanyak 135 orang.

Proses penjurian stand peserta Vredeburg Fair 2104, bersamaan pula dengan kegiatan yang tengah berlangsung (lomba, workshop, atraksi, dll.). Dari 14 peserta Museum plus 8 Komunitas Sahabat Museum yang ikut berpartisipasi dalam acara Vredeburg Fair 2014, maka Tim Juri menentukan untuk 3 Pemenang Stand Pameran Terbaik.

Adapun para pemenang dalam lomba stand tersebut, di antaranya:

  • Pemenang Terbaik I        : Galeri Nasional Indonesia (Jakarta)
  • Pemenang Terbaik II      : Komunitas Djogdjakarta 1945 (Yogyakarta)
  • Pemenang Terbaik III     : Museum Penerangan (TMII, Jakarta)

Pengumunan pemenang dan penyerahan lomba dilaksanakan setelah keseluruhan rangkaian acara berakhir, yaitu pada Selasa, 24 Juni pukul 14.00 -17.00 WIB, bertempat di panggung apresiasi Vredeburg Fair 2014 (Museum Benteng Vreedeburg Yogyakarta).

Dokumentasi :


Kepala Museum Benteng Vredeburg ( Ibu Zaimul Azzah), sekaligus sebagai ketua panitia Vredeburg Fair 2014 sedang membacakan laporan kegiatan.

Dirjenbud, Prof. Kacung Marijan sedang memberikan sambutan

Dirjenbud, Prof. Kacung Marijan sedang memukul gong, sebagai tanda peresmian acara Vredeburg Fair 2014

Penyerahan maskot museum oleh kepala Museum Benteng Vredeburg kepada Dirjenbud dalam Gelaring Maskot Museum (Launching) “Pak Pandu”

Perupa Yuswantoro Adi sedang memberikan materi pada peserta

Suasana workshop membuat topeng kertas di depan panggung apresiasi Vredeburg Fair 2014

Penyerahan hadiah bagi peserta workshop yang terpilih (karya topeng kertas terbaik).

Foto bersama, pemenang Stand Pameran Terbaik dalam Vredeburg Fair 2014 oleh Tim Juri