Press Release : Pameran EXI(S)T : Tomorrow As We Know It

 

EXI(S)T 2017: Tomorrow As We Know It 

 

EXI(S)T merupakan wadah inkubasi anak muda Jakarta untuk mengembangkan berbagai potensi artistik, dimana dialog kritis antara partisipan dan mentor serta kurator menjadi proses utama. Berbeda dengan program-program yang sudah ada, EXI(S)T ditujukan bagi mereka yang sudah bukan lagi mahasiswa dan masih baru ‘terjun’ di berbagai bidang di industri kreatif, yang juga ingin membuat karya seni. EXI(S)T yang pertama kali dinisiasikan oleh Bapak Hermawan Tanzil dan Bapak FX. Harsono pada tahun 2011 yang mengajak mereka untuk ‘keluar’ (to exit) dari jalur-jalur yang sudah mereka jalani untuk ‘ada’ atau ‘hadir’ (to exist) di peta seni rupa Indonesia, khususnya Jakarta.

Setelah 5 tahun berturut-turut mengadakan program mentoring, kini EXI(S)T 2017 mengundang lima belas seniman muda Jakarta yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam program ini untuk menampilkan karya terbarunya bersama-sama. Kelimabelas seniman yang diundang dapat merepresentasikan generasi muda scene seni rupa Jakarta yang makin beragam. Galeri Nasional Indonesia turut mendukung program ini dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan EXI(S)T 2017. Hal ini menjadi milestone bagi program EXI(S)T dan para seniman yang berpartisipasi dan menegaskan keberadaan mereka dalam lansekap seni rupa Indonesia.

 “Tomorrow As We Know It merupakan tema artistik dari EXI(S)T 2017. Tema pameran bersama ini mengajak para seniman untuk memprediksi dan mengintepretasikan masa yang akan datang dalam kerangka minat personal mereka. Masa depan, baik yang jauh maupun dekat, dielaborasikan dalam beragam perspektif yang merepresentasikan generasi muda saat ini. Datangnya akhir zaman, isu spiritual, gender, sains, dan realitas dunia maya merupakan sebagian dari topik yang akan ditampilkan oleh para seniman.

 

Para Seniman yang Terlibat:

Bey Shouqi,  Dhanny Sanjaya, Edita Atmaja, Faisal Rahman Ursalim, Fransisca Retno, Gadis Fitriana, Grace Joetama, Ivan Christianto, Kara Andarini, Monica Hapsari, Ratu R. Saraswati, Rianti Gautama, Sarita Ibnoe, Wangsit Firmantika, Yaya Sung.

 

Dengan Agenda Acara:

Presenter

Dia.Lo.Gue & Galeri Nasional Indonesia

Seniman

15 seniman Jakarta

Kurator

Evelyn Huang dan Shila Ghaisani

Acara

Pembukaan Pameran

Selasa 16 Mei 2017, pukul 19.00 WIB

Ruang Serba Guna Galeri Nasional Indonesia

* Terbuka untuk umum

 

Pameran

17 Mei – 5 Juni 2017, pukul 10.00 - 18.00 WIB

Gedung B & D Galeri Nasional Indonesia

* Terbuka untuk umum, tutup pada hari libur nasional

 

Tur Galeri Dengan Kurator

20 & 27 Mei 2017, pukul 13.00 WIB

Gedung B & D Galeri Nasional Indonesia

 

Artists Talk

3 Juni 2017, puku13.00 – 16.00 WIB

Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia

* dengan konfirmasi

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi e-mail di info@dialogue-artspace.com atau telp. (021) 719 9671.

 

Supported by:

Galeri Nasional Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.