Press Release : Southeast Asia Plus (Sea+) Triennale 2016

“ENCOUNTER: Art from Different Lands”

18 Oktober – 10 November 2016

Gedung A, B, dan C Galeri Nasional Indonesia

 

Galeri Nasional Indonesia–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar pameran tiga tahunan, Southeast Asia Plus (SEA+) Triennale. Ajang ini merupakan sebuah pameran seni rupa yang bersifat terbatas (mencakup lingkup wilayah regional Asia Tenggara), namun juga sekaligus bersifat inklusif karena membuka kemungkinan untuk melibatkan partisipasi dan interaksi dari perkembangan seni rupa yang lebih luas, yang berasal dari regional wilayah budaya yang lainnya. Pameran ini menghubungkan pertumbuhan seni rupa Indonesia dengan perkembangan seni rupa di wilayah Asia Tenggara seiring perubahan peta seni rupa internasional yang terus berkembang.

Penyelenggaraan SEA+ Triennale juga merupakan sebuah bentuk tanggapan Indonesia terhadap kemajuan perkembangan seni rupa di Asia, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Perhelatan ini menjadi sebuah langkah penting dari pemerintah Indonesia untuk meneruskan dan mengembangkan pelbagai bentuk kerja sama yang terjadi di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, yang sebelumnya telah dijalin melalui kegiatan serta rangkaian kesepakatan di bidang ekonomi dan politik. SEA+ Triennale menjadi pelopor pameran seni rupa internasional tiga tahunan yang secara khusus mengangkat para perupa di kawasan Asia Tenggara.

SEA+ Triennale diselenggarakan Galeri Nasional Indonesia pertama kali pada 2013 dengan tema Global Art: Ways Around Asia. Tahun 2016 ini kembali digelar untuk kedua kalinya pada 18 Oktober – 10 November 2016, di Gedung A, B, dan C Galeri Nasional Indonesia. Kali ini, tema yang diangkat berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, yaitu “ENCOUNTER: Art from Different Lands”.

 

Download List Perupa & Rangkaian Pameran