Laporan : Lomba Lukis Kolektif Pelajar Nasional 2014

Galeri Nasional Indonesia mempunyai salah satu fungsi untuk melaksanakan layanan edukasi-kultural dalam upaya membangkitkan dan meningkatkan minat dan kreatifitas masyarakat di bidang seni rupa. Salah satu bentuk implementasinya melalui kegiatan LOMBA LUKIS KOLEKTIF PELAJAR NASIONAL  2014. Kegiatan ini dilaksanakan di Galeri Nasional Indonesia secara reguler setiap tahun, sejak tahun 2012. Berbeda dengan lomba lukis pada umumnya yang dikerjakan oleh perorangan, lomba lukis kolektif ini karyanya dikerjakan oleh kelompok (masing-masing 4 orang).  Melalui lomba ini diharapkan para peserta  khususnya para pelajar  mampu berinteraksi, bersosialisasi, dalam rangka  mengembangkan potensi, kreatifitas dan imajinasi melaui penciptaan karya seni lukis.

Tema Lomba Lukis kali ini “ Menjadi  Orang  Indonesia” dan diikuti oleh ± 25 provinsi yang ditujukan untuk pelajar SD/MI/Sanggar/Sederajat. Melalui tema ini diharapkan dapat memperteguh sikap dan perasaan bangga menjadi putra/putri Indonesia dapat di ekspresikan melalui media seni lukis.

Karya-karya peserta akan dipilih oleh para juri yang mumpuni dan berlatar belakang dibidang seni rupa, Kurator, Seniman dan Guru.

 Pemenang terdiri dari 5 (lima)kategori yaitu : 2 (dua) kelompok Pemenang Terbaik dan 3 (tiga) kelompok Harapan Terbaik. Para pemenang memperoleh dan memperoleh dana pembinaan dengan total Rp. 45.000.000 dan masing-masing peserta memperoleh sertifikat.

Kegiatan ini berlangsung di Galeri Nasional Indonesia , Jl. Medan Merdeka Timur No.14  Jakarta Pusat pada  hari Sabtu, 7 Juni 2014, dimana pembukaannya dan dibuka  oleh Direktur Jenderal   Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bpk. Kacung Marijan

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri terhadap 25 karya dari 25 propinsi di Indonesia, ditetapkan 3 (tiga) pemenang terbaik dan 2 (dua) pemenang harapan sebagai berikut :

Pemenang Terbaik I
Provinsi : Di Yogyakarta
Judul lukisan : Buku Harian Indonesia
Peserta : Khairunisa Anjani, Dito Andika, Citta dan Angiring Lakuning Surya

Pemenang Terbaik II
Provinsi : Sumatera Utara
Judul Lukisan : Menjadi Orang Berbudaya Indonesia
Peserta : Zaman S, Meutia Kurniawan, Aliffia Azzahra dan Dina Yusriah

Pemenang Terbaik III
Provinsi : Kalimantan Tengah
Judul Lukisan : Lahir Menjadi Anak Indonesia
Peserta : Salsa Annisa Jiwa, Alice Cevenna Avriliant, Sabina, Nabila Anastasya

Pemenang Harapan 1
Provinsi : Kalimantan Timur
Judul Lukisan : Kami Bangga Menjadi Anak Indonesia
Peserta : Jihan, Ran, Michele dan Hillary Winton

Pemenang Harapan II
Provinsi : Riau
Judul Lukisan : Damai Indonesia
Peserta : T. Syahfina Maharani, M. Zaki Respati Rizal, Nurul Willy M. Dan Ayesha Khasia