Berita : Pameran Lima Tahun Eksistensi Jakarta Illustration Visual Art

 

Rangkaian agenda Galeri Nasional Indonesia di tahun 2020 resmi dimulai seiring dengan dibukanya Pameran “EXCURSION” oleh dr. Melani Setiawan pada Rabu malam, 8 Januari 2020 di Gedung D Galeri Nasional Indonesia. Pembukaan pameran ini turut dimeriahkan dengan penampilan permainan biola oleh Satriaji dan permainan harpa oleh Anela Kaylea Bondjol.

Pameran “EXCURSION” adalah pameran seni rupa yang menandai lima tahun keberadaan komunitas Jakarta Illustration Visual Art (JIVA). Menurut kurator pameran, Frigidanto Agung, excursion diambil dari padanan kata journey yang dipaparkan menjadi perjalanan. Pameran ini menceritakan perjalanan hidup seni dari 19 seniman yang terlibat.

Setiap karya yang ditampilkan dalam pameran ini adalah refleksi diri dari para seniman, baik jiwa dan raganya. Setiap seniman berusaha mengeksplorasi sudut pandang mereka masing-masing yang kemudian dikelompokkan ke dalam tiga perspektif, yakni “misi ragawi”, “menjiwai raga”, dan “jiwa (dalam) raga”. Ketiga sudut pandang ini menghasilkan olah artistik yang merupakan cerminan jernih dari seluruh permasalahan di sekitar kita.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengharapkan pameran ini bisa menjadi langkah awal yang baik bagi Galeri Nasional Indonesia di tahun 2020. Digelarnya “EXCURSION” di GNI juga menjadi wujud nyata dukungan Galeri Nasional Indonesia kepada para seniman muda dengan teknik eksperimentalnya. 

Pameran “EXCURSION” berlangsung hingga 27 Januari 2020 di Gedung D Galeri Nasional Indonesia, mulai pukul 10.00-19.00. Informasi mengenai pameran ini bisa dilihat di media sosial resmi Galeri Nasional Indonesia atau @jakarta_illustration_visualart.

*tnr/cki/gni