Press Release : Pameran Lukisan “Untaian Katulistiwa” dan Pameran Arsip Sejarah

Mulai tanggal 3 Februari hingga 17 Februari 2020 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, dipamerkan lukisan bertema “Untaian Katulistiwa” (Necklace of Equator) karya seniman-seniman terkemuka di Rusia yang tergabung dalam Bureau of Creative Expeditions pimpinan Vladimir Nikolaevich Anisimov. Di samping itu juga akan dipamerkan foto-foto dan dokumen yang merupakan Arsip Sejarah Hubungan Diplomatik Indonesia – Rusia koleksi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Departemen Sejarah dan Dokumenter Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia.

Pameran akan dibuka Duta Besar Federasi Rusia, Y.M. Ludmila Vorobieva dan Plt. Direktur Jenderal Amerop, Duta Besar Teuku Faizasyah dan Plt. Kepala ANRI, Bp. M.Taufik. Pembukaan dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari pejabat Indonesia dan Kedubes Federasi Rusia, tokoh masyarakat dan media massa serta masyarakat umum. Pameran ini menandai kick-off rangkaian kegiatan peringatan 70 Tahun Pembukaan Hubungan diplomatik Indonesia – Rusia yang akan diperingati di Indonesia dan Rusia selama tahun 2020 dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Dalam pameran tersebut, ditampilkan berbagai foto antara lain kunjungan Pangeran Nikolay Alexandrovich ke Hindia Belanda tahun 1891; Konsul Jenderal Ke-tsar-an Rusia di Batavia; kunjungan Presiden Sukarno ke Rusia; kunjungan PM Nikita Kruschev ke Indonesia tahun 1960 dan lain-lainnya. Selain itu juga dipamerkan berbagai dokumen yang menggambarkan berbagai korespondensi Kementerian Luar Negeri Uni Soviet dengan Kementerian Luar Negeri RI tentang pengakuan Uni Soviet terhadap kedaulatan Republik Indonesia tanggal 3 Februari 1950 dan dokumen mengenai kerja sama pembangunan Indonesia dan Uni Soviet, seperti Stadion Gelora Bung Karno, patung Tugu Tani, Rumah Sakit Persahabatan, yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang hubungan persahabatan kedua negara.

Berbagai film dokumenter koleksi ANRI juga ditampilkan, seperti penyerahan surat kepercayaan Duta Besar Uni Soviet, Nikolay Alexandrovich Mikhailov kepada Presiden Sukarno; kontingen Uni Soviet pada upacara penutupan GANEFO; hingga liputan berita pertandingan persahabatan Tim Sepakbola Uni Soviet dengan Tim Sepakbola PSM Makassar.

Pameran lukisan yang menampilkan sekitar 50 lukisan karya seniman terkemuka di Rusia yang dibuat dalam rentang waktu 20 tahun ini menggambarkan keindahan alam dan masyarakat Indonesia dari kacamata seniman Rusia. Lukisan-lukisan ini merupakan kaleidoskop perjalanan seniman Rusia dalam merekam kecantikan alam dan masyarakat pulau Jawa, Sumatra, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi.