Press Release : Pameran Tunggal Natee Utarit

 

NATEE UTARIT 

"OPTIMISM IS RIDICULOUS: THE ALTARPIECES"

 

3 – 17 0ktober 2017

Galeri Nasional Indonesia

Jl. Medan Merdeka Timur No. 14

Jakarta Pusat, Indonesia

 

 

 

Richard Koh Fine Art (RKFA) dan Galeri Nasional Indonesia mempersembahkan pameran seni rupa kontemporer karya perupa asal Thailand, Natee Utarit, yang bertajuk Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces. Dengan dukungan dari Kedutaan Besar Kerajaan Thailand di Jakarta, pameran ini akan berlangsung pada 3–17 Oktober 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat, Indonesia, dan akan menampilkan tujuh karya dari rangkaian karya berjudul Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces  yang telah dikerjakan sejak tahun 2012 serta pernah tampil di pelbagai galeri di Asia. Pembukaan pameran akan berlangsung pada Selasa, 3 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB.

 

 

The Altarpieces adalah kritik Utarit terhadap modernisasi Barat, sindiran terhadap modernisme dan kapitalisme dengan segala godaan yang dibawanya terhadap adat dan tradisi setempat. Terdiri dari 12 karya, karya-karya ini tersusun dari beberapa panel yang membentuk diptych, triptych dan polyptych, mengikuti tradisi lukisan religius klasik dengan bingkai dan penataan serba rinci.

 

Ketertarikan Utarit pada lukisan religius Barat berasal dari pendekatan apropriatifnya terhadap seni rupa klasik Barat. “Dalam lukisan-lukisan ini saya menawarkan tafsiran mengenai dunia dan pelbagai kepercayaan yang muncul di dunia Barat, menurut cara pandang Asia dari saya sendiri”, katanya.

 

Optimism Is Ridiculous: The Altarpieces adalah pameran keliling, dengan Galeri Nasional Indonesia sebagai perhentian kedua. Pameran ini sebelumnya sudah tampil di Museum Ayala, Kota Makati, Filipina, pada bulan Februari 2017. Setelah Jakarta, pameran ini akan hadir di Singapura.

 

Utarit akan menyelenggarakan Jumpa Pers dan Bincang Seniman mengenai pameran ini di Ruang Seminar, Galeri Nasional Indonesia pada Selasa, 3 Oktober 2017, pukul 17.00 WIB.

 

 

 

 

 

--------------------------------------

 

Natee Utarit (lahir di Bangkok, 1970), pernah belajar di Perguruan Tinggi Seni Rupa pada 1987 dan lulus dari jurusan Seni Grafis, Fakultas Lukis dan Patung di Universitas Silpakorn, Bangkok, Thailand pada tahun 1991. Karya-karyanya sudah masuk dalam koleksi seni rupa sejumlah lembaga terkemuka, seperti Bangkok University, Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art di Brisbane, Australia, dan Singapore Art Museum di Singapura, serta sejumlah koleksi pribadi di Eropa dan Asia. Praktik multifaset Utarit berfokus pada eksplorasi media lukisan yang menghubungkan fotografi dengan seni rupa klasik Barat. Ia memanfaatkan unsur cahaya dan perspektif dalam lukisan sebagai sarana untuk mengeksplorasi citraan yang kompleks. Lukisannya menghadirkan metafora yang luas dan beragam melalui gambaran alam benda (still life), suatu rangkaian kiasan mengenai kondisi sosial dan politik Thailand masa kini.

 

--------------------------------------

 

Galeri Nasional Indonesia adalah pusat karya seni rupa modern dan kontemporer yang merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan karya seni rupa sebagai sarana pendidikan budaya, pengembangan kreativitas dan apresiasi seni di Indonesia. Galeri Nasional Indonesia diresmikan operasionalnya pada 8 Mei 1999 dan saat ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi +6234833954, E-mail: galeri.nasional@kemdikbud.go.id atau kunjungi www.galeri-nasional.or.id

 

Richard Koh Fine Art berdiri sejak tahun 2005 dan dianggap sebagai pelopor yang memperkenalkan seni rupa kontemporer Asia ke Malaysia dan wilayah sekitarnya. Bekerjasama dengan sejumlah perupa, baik pemula maupun yang telah mapan, galeri ini kerap menghadirkan berbagai pameran di dalam maupun di luar negeri, dengan perhatian khusus pada berbagai praktik seni rupa yang baru dan menantang.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang pameran ini, hubungi Jessica Ho di +60193305112 dan +60320953300, atau melalui e-mail ke info@rkfineart.com