Berita : Pegawai Galeri Nasional Indonesia Menerima Vaksinasi Covid-19

Kepala dan seluruh pegawai Galeri Nasional Indonesia (GNI) menerima vaksinasi Covid-19 pertama pada Selasa, 9 Maret 2021. Bertempat di GNI, vaksinasi ini merupakan bentuk upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di GNI dengan tujuan agar GNI dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal. Selain pegawai GNI, vaksinasi Covid-19 yang bertempat di GNI juga diberikan kepada seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kebudayaan, mulai 8-12 Maret 2021.

Tercatat sebanyak 89 pegawai GNI yang dijadwalkan untuk diberi vaksinasi. Sebelum penyuntikan vaksin, para pegawai diwajibkan melakukan pendaftaran dan screening kesehatan didampingi dokter. Kejujuran para pegawai tentang riwayat atau kondisi kesehatan menjadi faktor penting karena untuk menghindari risiko efek samping yang membahayakan kesehatan, serta menentukan apakah bisa mendapatkan vaksinasi saat itu juga atau ditunda.

Setelah dilakukan penyuntikan vaksin, para pegawai menunggu di lokasi vaksinasi selama 30 menit untuk mengetahui efek samping yang timbul. Apabila tidak ada reaksi khusus, maka pegawai langsung mendapatkan kartu vaksinasi Covid-19, dengan tertera tanggal dan nomor batch vaksin pertama.