Agenda : Pameran Keliling "OKOMAMA : Bianglala Rupa Flobamorata" – Nusa Tenggara Timur

Pameran Keliling Karya Pilihan Koleksi Galeri Nasional Indonesia merupakan salah satu program yang dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya dengan tujuan memperkenalkan karya-karya seni rupa koleksi negara yang disimpan oleh Galeri Nasional Indonesia sehingga dapat langsung dilihat dan diapresiasi oleh masyarakat luas di berbagai daerah di seluruh Indonesia.  Pameran ini juga menampilkan karya-karya pilihan perupa wilayah setempat yang dipilih dan disajikan secara berdampingan dalam satu ruang pameran.

Pameran keliling seperti  ini sebelumnya telah berlangsung di beberapa kota di Indonesia seperti: Medan (2006), Manado (2007), Balikpapan (2008), Ambon (2009), Palembang (2010), Banjamasin (2011), Makassar (2012), Pontianak (2013), dan Pekanbaru (2013).

Pada pameran keliling kali ini yang bertempat di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur bertajuk “OKOMAMA : Bianglala Rupa Flobamorata”, ditampilkan sebanyak total 40 karya. Karya tersebut antara lain adalah : 20 lukisan karya para maestro seni rupa Indonesia dan Internasional yang menjadi koleksi Galeri Nasional Indonesia seperti : Affandi, Agus Djaja, Agus Kamal, Bagong Kussudiardjo, Dullah, G. Sidharta Soegijo, Kartono Yudhokusumo, Labiqoh Azzahroh, Lian Sahar, Popo Iskandar, Ida Hajar, S. Sudjojono, Tisna Sanjaya, Made Wianta, Sunarto PR, Satyagraha, Anna-Eva Bergman, Hans Arp, Hans Hartung, dan Sonia Delauney,  serta 20 karya perupa pilihan Nusa Tenggara Timur, yang terdiri atas 15 lukisan, 2 patung, 2 karya fotografi, dan 1 karya instalasi. Para perupa tersebut antara lain adalah: Adi Manu, Aris Umbu, Danny Stamp, Ever Eliezer Lomi Rihi, Fredrik Messah, George Eman, Jaky lau, Fery Wabang, Yopie Liliweri, Geradus Louis Fori, Luiz O. Wilson, Randy Sakuain, Tinik Royaniwati dan Ubed Mashonef.

Pameran ini diharapkan dapat  menjadi referensi dan meningkatkan apresiasi bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur terhadap karya-karya seni rupa, baik karya koleksi negara maupun karya perupa di Nusa Tenggara Timur; memberikan semangat, dorongan dan motivasi terhadap para seniman Nusa Tenggara Timur untuk terus berkreasi dan menciptakan karya-karya terbaiknya sehingga turut mengembangkan seni rupa daerahnya; mempererat kerjasama semua pihak yang terlibat di dalamnya; dan menjadi  titik awal kerjasama yang baik lainnya di masa mendatang.

Informasi Kegiatan :

Kurator:
Kus indarto

Asisten Kurator:
Yohanes K.N. Liliweri
Zamrud Setya Negara
Bayu Genia Krishbie

Pembukaan :
Senin, 28 April 2014, Pukul 09.00 WITA s.d. Selesai

Dibuka secara resmi oleh :
Bapak Frans Lebu Raya
Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur

Pameran dibuka untuk umum tanggal 28 April s.d. 3 Mei 2014
Pukul 09.00 s.d. 17.00 WITA

Rangkaian Acara :
Diskusi Seni Rupa
Senin, 28 April 2014 Pukul 13.00 WITA s.d. selesai

Lokasi Pameran dan Diskusi:
Di Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur
Jl. Kejora No. 1, Kupang

Kerjasama :
Galeri Nasional Indonesia dan Taman Budaya Provinsi Nusa Tenggara Timur