Laporan : Galnas Goes to Campus – Malang

Galeri Nasional Indonesia Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbud mengawali rangkaian kegiatan dalam Program Bimbingan Dan Edukasi Galeri Nasional Indonesia tahun 2014 dengan menggelar Seminar Nasional bertema “Peran Galeri, Kurator dan Kritik Seni Rupa Kini” yang diadakan di Aula Fakultas Sastra (AFA) Gedung E6 Lantai 2 Universitas Negeri Malang pada tanggal 27 Februari 2014 lalu.

Kegatan seminar dibuka dengan penampilan Tarian Tradisional “Jejer Jaran Dawuk” kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Bapak Drs. Iriaji, M.Pd (Kajur Seni/Desain) yang kemudian di susul sambutan oleh Drs. Tubagus Sukmana, M.Ikom (Kepala Galeri Nasional Indonesia) kemudian sambutan sekaligus peresmian Acara Seminar Nasional oleh Prof. DR. Suparno (Rektor Universitas Negeri Malang).

Seminar ini dihadiri sekitar 300 orang melebihi target awal sebanyak 200 orang dimana peserta seminar terdiri dari dosen guru mahasiswa serta para seniman yang berasal dari Dewan Kesenian Malang (DKM) Dewan Kesenian Batu (DKB) .

Tampil sebagai moderator seminar adalah Dra. Lilik Indrawati M.Pd, dan materi-materi seminar yang disampaikan terdiri dari :

  • “Posisi Malang Dalam Peta Seni Rupa Indonesia” yang disampaikan oleh DR. Hariyanto M.Hum (Perwakilan Dosen Jurusan Seni dan Desain (Sedesa) Universitas Negri Malang.
  • “Seni Rupa Berlari Tanpa Henti”  yang disampaikan oleh Kuss Indarto (Kurator Galeri Nasional Indonesia)
  • “KRITIK SENI : Penghampiran Pada Permasalahan” yang disampaikan oleh Bambang Subarnas (Pengamat dan Kritikus Seni)
  • “Manajemen Pameran Seni Rupa di Galnas” yang disampaikan oleh Kepala Galeri Nasional Indonesia Drs. Tubagus Sukmana, M.Ikom  

Acara ditutup dengan Penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada Nara Sumber dan peserta secara simbolik.

Download materi seminar :