Berita : Ivan Hariyanto Tutup Usia

Ivan Hariyanto lahir di Banyuwangi, 18 November 1955. Ia menempuh pendidikan seni lukis di STSRI ASRI (Sekarang ISI Jogjakarta) pada tahun 1975 hingga 1981. Mantan Dewan Kesenian Surabaya ini merupakan sosok perupa yang produktif. Tercatat Ivan telah mengadakan beberapa pameran tunggal seperti “I My Mind Main” di Gracia Gallery, Surabaya (2008); “Happines 2007”, Bali (2007); “Reciprocity 2008” di Gracia Gallery, Surabaya (2008); “Visiblecity” di Emmitan Fine Art Gallery, Surabaya; dan “City Without People” di Syang Art Space, Magelang (2010).

Tak hanya pameran tunggal, Ivan juga aktif menggelar pameran bersama dengan para perupa lainnya di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Jogja, dan Aceh. Ivan tercatat pernah berpartisipasi pada pameran bersama yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia seperti Pameran Besar Seni Rupa Indonesia “Manifesto” (2008), Pameran Seni Rupa Nusantara “Menilik Akar” (2009), Pameran Seni Rupa Manifesto “Percakapan Massa” (2010), dan Pameran Seni Rupa Nusantara “Imaji Ornamen” (2011).

Selain aktif sebagai seorang perupa, Ivan merupakan sosok yang peduli dengan perkembangan seni rupa Indonesia khususnya untuk Kota Surabaya. Sebagai wujud kepeduliannya, Ivan mendirikan Himpunan Pelukis Surabaya (HIPBAYA). Pada 2012, Ivan juga menggagas Pameran Jatim Art Now #1 di Galeri Nasional Indonesia dan Galeri Soemardja, ITB, Bandung. Terlepas dari karya dan pemikirannya di ranah seni rupa, Ivan turut memberikan sumbangsih pada kemajuan pariwisata Kota Surabaya dengan mendesain logo city branding “Sparkling Surabaya”. Hingga kini logo tersebut masih ada dibeberapa titik destinasi pariwisata Surabaya.

Kini Ivan telah tiada, ia pergi meninggalkan segudang karya dan kenangan pada Rabu, 14 Maret 2018 di kediamannya di Surabaya. Meskipun raga telah tiada, namun semangatnya untuk terus memotivasi dunia seni rupa Indonesia tetap terus hidup. Selamat jalan, Ivan Hariyanto.

*fii/GNI