Agenda : Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto #4 (2014)

Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto #4 (2014)

Gelaran akbar Galeri nasional yang paling ditunggu-tunggu kembali disenggalarakan pada tahun 2014 ini. Pameran Besar Seni Rupa Indonesia dua tahunan (bienalle) yang dikenal dengan Manifesto ini kini telah memasuki edisi keempatnya.

Sejak penyelenggaran pertamanya di tahun 2008 silam, Manifesto telah  menyedot perhatian banyak seniman dari berbagai kota besar di Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Tak kurang dari 350 seniman dari seluruh Indonesia akan memamerkan karya-karya terbaiknya pada Pameran Besar Seni Rupa Indonesia: Manifesto #4 (2014) ini.

Selain itu, di pameran inilah para penikmat seni bisa memuaskan hasratnya menikmati karya-karya terbaik seniman generasi muda Indonesia, yang dipamerkan bersama karya-karya maestro Indonesia koleksi Galeri Nasional lainnya. Karya-karya maestro Indonesia yang turut ditampilkan pada pameran Manifesto-Manifesto terdahulu ialah karya-karya Affandi, Sudjojono, Hendra Gunawan, Mochtar Apin, dan lain-lain.

Kurang lebih ada 79 karya seni rupa 2 Dimensional dan 3 Dimensional berupa Lukisan, Patung, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Video Art, Object, dan Seni Instalasi yang akan ditampilkan pada pameran akbar Manifesto #4 2014 ini. Karya-karya tersebut mengusung satu tema bertajuk “KESEHARIAN: Mencandra Tanda-Tanda Masa.” Disinilah letak daya tarik Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto. Ratusan seniman generasi muda Indonesia pilihan dan dinilai memiliki konsistensi, sikap berkarya, dan proyeksi pengembangan diri yang baik akan mengimplementasikan tema besar tersebut sesuai dengan interpretasi, rasa, dan karsa masing-masing.

Mencandra keseharian adalah sebuah cara untuk menyelami kembali esensi pengalaman dan kejadian keseharian itu sendiri: mencoba keluar dari rutinitas dan keragu-raguan untuk menemukan kepastian yang lebih nyata, yaitu menjadi manusia yang mampu memelihara kesadaran. Mencandra keseharian di masa kini berarti mengenal, mengurai, dan menarik peta hubungan serta kaitan yang terjadi ‘di sini’ dan ‘di sana’, antara yang lokal dengan yang global, serta milik pribadi dengan milik orang lain. Lebih jauh lagi mencandra keseharian sendiri mengajak untuk membaca tanda-tanda zaman yang beredar melalui berbagai media interaksi dan komunikasi. Oleh sebab itu MANIFESTO#4 (2014) telah memilih para seniman dari generasi muda yang mengenal dengan sangat akrab pola interakasi dan komunikasi masa kini.

Agenda besar ini akan dilangsungkan di Gedung A, B, C, dan outdoor, Ruang pameran Galeri Nasional Indonesia. Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat – 10110. Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto #4 (2014) akan secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Republik Indonesia : Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA pada hari selasa, 20 Mei 2014 mendatang. Perhelatan akbar ini sendiri berlangsung selama 18 hari berturut-turut, sampai hari penutupannya pada tanggal 7 Juni 2014 mendatang.

Nama-nama yang tak asing lagi di dunia seni rupa Indonesia akan turut serta sebagai Kurator Pameran Besar Seni Rupa Indonesia Manifesto #4 (2014) ini. Di antaranya ialah, Jim Supangkat, Rizki A. Zaelani, A. Rikrik Kusmara dan Asikin Hasan. Serta Zamrud Setya Negara dan Bayu Genia Krisbhie sebagai co-kurator.

Informasi Kegiatan :

Waktu Pameran : 20 Mei – 7 Juni 2014
Peresmian : Selasa, 20 Mei 2014
Pukul : 19.00 Wib – Selesai.
Tempat : Gedung A, B, C, dan outdoor, Ruang pameran Galeri Nasional Indonesia.
Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta Pusat - 10110
Karya : Karya seni rupa 2 Dimensional dan 3 Dimensional (Lukisan, Patung, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Video Art, Object, Seni Instalasi.
Jumlah Karya : ± 79 karya
Peserta : Seniman generasi muda Indonesia yang menunjukkan konsistensi sikap berkarya dan proyeksi pengembangan diri yang memenuhi syarat untuk dipilih sebagai peserta pameran.
Kurator : Jim Supangkat, Rizki A. Zaelani, A. Rikrik Kusmara dan Asikin Hasan.
Co-Curator : Zamrud Setya Negara dan Bayu Genia Krisbhie.

RANGKAIAN ACARA PENDUKUNG PAMERAN BESAR SENI RUPA INDONESIA “MANIFESTO #4. 2014”

SEMINAR :
“SENI RUPA INDONESIA KINI: Mencandra Tanda-Tanda Masa”
Kegiatan seminar seni rupa Indonesia ini akan menghadirkan para pembicara: seniman peserta pameran, kurator, pengamat seni rupa, dan pengamat kajian sosial-budaya khususnya budaya populer dan perkembangan masyarakat kontemporer Indonesia saat kini.
Rabu, 21 Mei 2014 ∣ Pukul 10.00 WIB – Selesai
Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia.

PROGRAM ARTIST TALK
Program ini akan menghadirkan perwakilan seniman peserta pameran yang akan menjelaskan dan berinteraksi dengan publik secara langsung dalam kurun waktu penyelenggaraan kegiatan pameran.
Sabtu, 31 Mei 2014
Pukul 14.00 WIB – Selesai
Ruang Pameran Galeri Nasional Indonesia.

PROGRAM GALLERY TOUR
Program ini akan memberikan panduan penjelasan pameran oleh kurator pameran kepada publik pengunjung pameran dalam bentuk interaksi dan dialog.
Sabtu, 31 Mei & 7 Juni 2014
Pukul 11.00 WIB – Selesai
Ruang Pameran Galeri Nasional Indonesia.