Laporan : Workshop Seni Rupa (Membuat Sketsa) di Jakarta Museum Day Festival (JMDF) 2014

Jakarta Museum Day Festival (JMDF) 2014 merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Museum Internasional. Sebagai salah satu museum khusus (seni rupa) yang berlokasi di Provinsi DKI Jakarta, maka Galeri Nasional Indonesia turut ambil bagian dalam acara yang dilaksanakan oleh Disparbud Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Program Dukungan Sinergi Budaya GNI 2014 adalah salah satu program Galeri Nasional Indonesia yang bersifat edukatif-kultural. Kegiatan ini diharapkan memperluas wawasan, serta meningkatkan kreativitas dalam berkarya rupa. Tujuannya untuk memberikan ruang ekspresi kepada masyarakat, khususnya pelajar. Selain itu, tersebarluaskannya informasi mengenai GNI, baik program maupun kegiatan kepada masyarakat di wilayah sekitar Jakarta. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya, tentang keberadaan GNI sebagai museum dan pusat aktivitas seni rupa, serta salah satu destinasi rekreasi wisata-budaya.

Acara Jakarta Museum Day Festival 2014 dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara ini dibuka secara resmi oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dalam kesempatan ini juga hadir Walikota Jakarta Barat, Bpk Fatahillah. Pembukaan secara resmi acara Jakarta Museum Day Festival 2014 ditandai dengan membunyikan sirine oleh oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di dampingi pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta serta Kedutaan Besar (yang di undang). Setelah acara dibuka, para pengunjung/masyarakat mulai mengunjungi stand peserta pameran Jakarta Festival Museum Day 2014.

Selanjutnya, berlangsung pelbagai kegiatan/aktivitas lomba dan penilaian oleh para juri, penampilan atraksi kesenian tradisional dan  kontemporer, penampilan permainan tradisional, pameran museum (berjumlah 45 stand), serta kuis dan games.

Bersamaan dengan itu, GNI mengadakan kegiatan workshop seni rupa (membuat sketsa) dengan menghadirkan narasumber Ipe Ma’ruf (perupa senior/Jakarta). Pengunjung stand GNI berjumlah 490 orang, sementara pengunjung/peserta yang mengikuti workshop tersebut sebanyak 80 orang termasuk wisatawan asal USA, India, Belgia yang ikut berpartisipasi dalam workshop tersebut.

Proses penjurian stand peserta JMDF 2104, bersamaan pula dengan kegiatan yang tengah berlangsung (lomba, workshop, atraksi, dll.). Tim juri berasal dari latar belakang yang berbeda, yaitu perwakilan Akademisi (Museolog UI), Asosiasi Museum Indonesia”Paramita Jaya”, dan Arsitek. Dari 45 peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara JMDF 2014, maka Tim Juri menentukan untuk 3 Pemenang Terbaik dan 3 Pemenang Harapan berikutnya.

Adapun para pemenang dalam lomba stand tersebut, di antaranya:

  • Pemenang Terbaik I    : Galeri Nasional Indonesia
  • Pemenang Terbaik II   : Museum Bank Mandiri
  • Pemenang Terbaik III : Museum Anatomi FK. Universitas Indonesia
  • Harapan I        : Museum Reksa Artha
  • Harapan II       : Museum Layang-layang Indonesia
  • Harapan III     : Museum 12 Mei Universitas Trisakti

Pengumunan pemenang dan penyerahan lomba dilaksanakan setelah keseluruhan rangkaian acara berakhir, yaitu pukul 6.30 -17.30 WIB. 

 


Perupa Ipe Ma’ruf sedang memberikan materi sketsa pada peserta workshop

Salah satu peserta worskhop yang berasal dari USA

Suasana workshop membuat sketsa

Penyerahan doorprize bagi pengunjung yang berhasil menjawab pertanyaan tentang GNI

Penyerahan Hadiah oleh Tim Juri

Penyerahan Hadiah oleh Tim Juri

Foto bersama Pemenang Terbaik I-III dan Tim Juri

Foto bersama tim/panitia dari GNI