Berita : Sajian Beragam Lanskap dalam Pameran Seni Kontemporer Meksiko “Geographies”

Pameran Seni Kontemporer Meksiko “Geographies” resmi dibuka pada Kamis, 29 November 2017, di Ruang Serbaguna Galeri Nasional Indonesia. Pameran hasil kerja sama Galeri Nasional Indonesia dengan Kedutaan besar Meksiko untuk Indonesia ini menampilkan 33 karya dari empat seniman kenamaan Meksiko:  Betsabeé Romero (instalasi), María José de la Macorra (instalasi), Enrique Rosas (seni digital), and Alfredo de Stefano (fotografi).  Seluruh seniman yang terlibat merupakan bakat-bakat besar dalam dunia seni kontemporer Meksiko. Para seniman ini mampu merefleksikan lanskap dan realitas personal Meksiko serta beberapa wilayah diluar Meksiko kedalam beragam karya seni kontemporer.

Karya-karya yang tersaji dalam kerangka konseptual bertajuk “Geographies” (geografi) ini memuat beragam lanskap di Meksiko dan dunia. Misalnya potret pasir yang berwarna mencolok, jaring plastik hitam berbentuk gelombang laut, dan bentuk-bentuk geometris yang terinspirasi dari pemandangan vulkanik Meksiko. Ada pula pemandangan kota dan alam yang tersembunyi pada lingkaran konsentris dari simbol-simbol keseharian masyarakat Meksiko.

Seluruh karya yang ada dalam pameran ini ditanggapi positif oleh Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Federico Salas sebagai bagian dalam usaha membangun pemahaman antar dua negara. “Pameran ini merupakan bagian dari dialog artistik yang telah terjadi sejak lama antara Meksiko dan Indonesia, dan akan terus berkelanjutan, meningkatkan pemahaman diantara kedua negara melalui bahasa seni yang universal”, ujar Federico Salas.

Pameran ini akan dibuka untuk umum (gratis) mulai 30 November-11 Desember 2017, di Gedung D Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat No 14, Gambir, Jakarta Pusat, pukul 10.00-18 WIB.

*fii/GNI