Press Release : Memories of Peru: Photos from 1890 - 1950

Untuk pertama kalinya di Galeri Nasional Indonesia, Pameran Fotografi Peru akan dilangsungkan pada tanggal 22 November – 14 Desember 2017, diinisiasi oleh Kedutaan Besar Peru untuk Indonesia dengan arahan Duta Besar yang baru dilantik yaitu Yang Mulia Bapak Julio Cardenas.

Memories of Peru. Pameran foto bertajuk “Memories of Peru” menampilkan karya-karya fotografi yang diambil pada tahun 1890-1950 yang merepresentasikan bagaimana Peru berkembang sebagai sebuah negara di balik lensa para master foto berbakat seperti Max T. Vargas, Martin Chambi, Carlos and Miguel Vargas, Juan Manuel Figueroa Aznar, Sebastian Rodríguez, Baldomero Alejos dan Walter O. Runcie. Mereka adalah sebagian dari nama-nama seniman yang berpartisipasi dalam pameran ini. Dalam balutan kerangka geografi yang memadukan hutan Amazon, gletser yang memukau, pegunungan yang megah dan tandusnya padang pasir, kebudayaan asli Peru yang beragam–Peru merupakan salah satu dari enam negara di dunia yang disebut sebagai tempat lahirnya peradaban– berbaur dengan masyarakat Eropa, Afrika, dan masyarakat Timur. Sejarah penaklukan dan migrasilah yang melatarbelakangi skenario post-colonial. Elemen-elemen tersebut –geografi, sosial dan budaya– berinteraksi secara kompleks, terkadang jalannya bertentangan dan telah menghasilkan manifesto budaya yang mengejutkan. Salah satunya adalah fotografi, karena foto-foto tersebut menjadi saksi yang membentuk Memories of Peru (memori Peru).

The 1890-1950 Photos, tradisi fotografi masyarakat Peru telah dipelihara oleh sekelompok seniman ternama yang bakatnya sudah tidak diragukan lagi dengan menggunakan kamera -salah satu lambang paling simbolis akan modernitas pada masa itu- sebagai suatu cara untuk memotret, memahami, dan menginterpretasikan negaranya. Berkat foto-foto ini –dan beragam foto lain yang serupa– Peru, seperti yang kita ketahui saat ini, muncul sebagai sebuah realitas yang komprehensif. Keajaiban alam wilayahnya, monumen-monumen megah masa pre-Kolombia dan adat istiadat leluhur terjalin dengan cita-cita modern, serta perkembangan ekonomi dan sosial bangsa.

Pembukaan Pameran. Duta Besar Peru untuk Indonesia, Julio Cardenas akan meresmikan acara pembukaan pameran pada hari Rabu, 22 November 2017, pukul 19.00 WIB. Pameran foto ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Luar Negeri – Peru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Centro Cultural Inca Garcilaso, Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat, serta para kurator: Jorge Villacorta, Andrés Garay, Carlos Trivelli, berkolaborasi dengan Alonso Ruiz Rosas dan Gredba Landolt.

 

EMBASSY OF PERU

Jakarta, Indonesia

Contact: embaperujak@gmail.com

 

PEMBUKAAN

22 November 2017

Pukul 19.00 WIB

Ruang Serba Guna Galeri Nasional Indonesia

 

PAMERAN

23 November – 14 Desember 2017

Pukul 10.00 – 18.00 WIB

Gedung C Galeri Nasional Indonesia

*Tutup pada Hari Libur Nasional, 1 Desember 2017