Agenda : Lomba Desain Mural GNI 2014

Galeri Nasional Indonesia (GNI) merupakan lembaga kebudayaan yang acapkali memamerkan karya-karya seni rupa kekinian (modern and contemporary art), baik dari perupa lokal maupun mancanegara. Di samping itu, GNI juga memiliki tugas untuk melaksanakan pelayanan edukasi di bidang karya seni rupa. Implementasi dari tugas tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif-kultural, sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Dengan kata lain, mewadahi potensi pengunjung (masyarakat luas) dalam meningkatkan kreativitas, dan apresiasi seni agar menjadi manusia yang kreatif, mandiri, serta memiliki karakter bangsa.

Melalui proses dan hasil kegiatan bimbingan edukatif itu, diharapkan adanya peningkatan pemahaman akan nilai kultural (cultural value), dan kemajemukan seni-budaya bangsa dalam berbagai bentuk ekspresi sesuai dengan minat, talenta, serta kemampuan masyarakat di bidang kesenian, khususnya seni rupa (pengembangan gagasan). Salah satu di antaranya diwujudkan dalam bentuk karya mural, grafiti, street art, atau lukisan dinding. Karya tersebut dalam lingkup dunia seni rupa sangat populer dan berkembang sebagai media ekspresi yang mengetengahkan sudut pandang/tanggapan terhadap berbagai fenomena, baik persoalan di masyarakat, maupun negara dengan perspektif yang konstruktif dan edukatif, sekaligus memiliki nilai artistik.

Oleh karenanya, salah satu wadah atau formula untuk mengimplementasikan berbagai potensi dan kreativitas di bidang seni mural, Galeri Nasional Indonesia di bawah naungan Kemendikbud berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan Lomba Desain Mural Tingkat Nasional 2014.

Lomba Desain Mural 2014 yang mengusung tema “Negeri Damai dengan Seni” ini bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi bagi mahasiswa, pegiat mural, urban artist, street artist,dan masyarakat umum, baik individu maupun komunitas, untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya rupa serta mendorong tumbuh kembangnya seni rupa yang merespon dinamika perkotaan (dalam konteks urban art dan street art) di Indonesia.

Rangkaian pelaksanaan lomba sudah mulai dipersiapkan sejak bulan Februari kemarin dan terbuka untuk masyarakat umum dimana peserta lomba dalam bentuk kelompok yang beranggotakan maksimal 5 orang dengan batas usia 16-35 tahun.

Bagi peserta yang berminat mengikuti Lomba Desain Mural 2014 ini dapat mengirimkan materi lomba sampai dengan tanggal 11 April 2014. Materi akan dinilai berdasarkan Orisinalitas dan otentisitas karya, kesesuaian konsep karya dengan tema lomba, kedalaman ekspresi, bahasa visual, dan penyampaian ide serta teknik artistik dan tingkat kerapian detail karya.  Tim juri dalam lomba ini adalah Citra Smara Dewi (Kurator Seni Rupa/Akademisi), Nono Warseno (Kurator Seni Rupa) dan Irawan Karseno (Kurator/Praktisi Seni Rupa).

Selain trophy dan piagam penghargaan, pemenang lomba juga akan memperebutkan hadiah uang pembinaan antara lain :

  • Masing-masing Rp. 15.000.000 untuk Pemenang Terbaik I dan II
  • Rp. 10.000.000 untuk Nominasi I
  • Rp. 8.000.000 untuk Nominasi II
  • Rp. 6.000.000 untuk nominasi III

Selanjutnya dua kelompok Pemenang Terbaik akan mendapatkan biaya pengerjaan (eksekusi karya) desain mural, masing-masing sebesar Rp 20.000.000.

Panitia Lomba Desain Mural Galeri Nasional Indonesia tahun 2014
Jln. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat-10110.

Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi:
Sdr. Iwa Akhmad S. Telf. 021–3848791 / 085 643 359 531 (Koordinator Lomba)
E-mail: panitialomba.gni@gmail.com

Download Formulir Pendaftaran Lomba Desain Mural 2014

Download Poster Lomba Desain Mural 2014

Download Juknis Lomba Desain Mural 2014