Press Release : Workshop Seni Lukis “Tips & Trik Melukis Model”

Workshop Seni Lukis 

“Tips & Trik Melukis Model”

 

Sebagai implementasi tugas dan fungsi Galeri Nasional Indonesia dalam hal menjalin kemitraan dan memberikan layanan edukasi di bidang seni rupa kepada masyarakat luas, Galeri Nasional Indonesia—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan— acapkali menjalankan program dukungan/sinergi antarlembaga budaya. Program ini dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, dan ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat, baik pelajar, mahasiswa, pendidik/pengajar seni budaya, komunitas seni, maupun masyarakat umum.

Pada tahun 2015 telah direalisasikan dalam berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh masyarakat/komunitas seni rupa, antara lain Pameran Seni Rupa Internasional Biennale Terracotta 1st (Yogyakarta), Workshop Melukis Mural dalam rangka Temu Karya Taman Budaya (TKTB) se-Indonesia di Kupang, dan Workshop Seni Lukis dalam rangka mendukung ajang Pra–Biennale 2015 di Makassar. Untuk tahun 2016 ini, Galeri Nasional Indonesia memiliki Program Kegiatan Sinergi Seni Budaya, yaitu Workshop Seni Lukis bertajuk “Tips & Trik Melukis Model” yang akan berlangsung pada 1 September 2016 di Taman Krida Budaya, Malang, Jawa Timur. Program yang merupakan hasil kerjasama Galeri Nasional Indonesia dengan Sanggar Fantasy Malang ini digelar dalam rangka Pekan Budaya Indonesia 2016.

Dalam Workshop Seni Lukis yang dipandu oleh Yuswantoro Adi (Perupa) ini, akan dibahas teori sekaligus praktik tentang tips dan trik melukis model untuk menghasilkan karya lukis yang berkualitas. Para peserta yang terdiri dari pelajar/mahasiswa, Guru Seni Budaya, komunitas dan penggiat seni dapat mengetahui cara-cara jitu menaklukkan cat akrilik, mengenali karakter lukisan, mempelajari teknik melukis, hingga memperhatikan karakter medium (alat dan bahan).

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus ‘Andre’ Sukmana menyampaikan bahwa dihelatnya Workshop Seni Lukis ini, diharapkan dapat mempererat jalinan kerjasama yang baik antarlembaga kebudayaan, khususnya Galeri Nasional Indonesia dengan Sanggar Fantasy Malang, sebagai sebuah komunitas para perupa atau penggiat seni yang akan memperkaya kreativitas dan apresiasi seni di tanah air. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana/wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang seni lukis serta mengangkat potensi daerah lewat media seni rupa.


Jakarta,  September 2016.