Laporan : Galnas Gelar Workshop Seni Grafis “Cukil Kayu”

Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sukses menggelar kegiatan edukasi dalam bentuk Workshop Seni Grafis “Cukil Kayu” bagi para siswa SMP, SMA dan sederajat di Jabodetabek pada tanggal 15 April 2014 kemarin.

Workshop ini merupakan rangkaian Program Bimbingan dan Edukasi Galeri Nasional dalam upaya memperluas dan meningkatkan kreativitas serta apresiasi seni di kalangan pelajar dimana sebelumnya selama tahun 2014 ini GNI telah menyelenggarakan 2 kegiatan Bimbingan dan Edukasi dalam bentuk Seminar Seni Rupa.  Yang pertama adalah Program Bimbingan dan Edukasi Galeri Nasional Indonesia, Malang  27 Februari 2014, bertempat di  Aula Fakultas Sastra (AFA), Gd. E6 Lt.2 Universitas Negeri Malang dan Program Bimbingan dan Edukasi Galeri Nasional Indonesia, Tasikmalaya  27 Maret 2014, bertempat di  Aula Desain Komunikasi Visual, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 (SMKN 3) Tasikmalaya.

Workshop Seni Grafis “Cukil Kayu” diselenggarakan di ruang Serbaguna Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur No.14 Jakarta Pusat -10110 yang diikuti oleh 100 lebih peserta yang berasall dari beberapa sekolah SMP, SMA dan sederajat di wilayah Jabodetabek. Peserta melebihi target awal yang ditetapkan sebanyak 100 orang.

Diresmikan oleh Kepala Galeri Nasional Indonesia Drs. Tubagus Sukmana, M.Ikom ,  kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB ini terdiri dari 3 rangkaian acara sebagai berikut :

  • Workshop Seni Grafis Cukil Kayu
  • Pemutaran Film/Video Dokumenter Maestro Seni Rupa Indonesia dan Profil GNI
  • GALNAS Edu Corner

Hadir sebagai narasumber antara lain :

  • Syaiful Ardiyanto  (Praktisi Seni Rupa)
  • Ady Oi Rasstya  (Praktisi Seni Rupa)
  • Iman Hartono    (Praktisi Seni Rupa)

Acara ditutup dengan Penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada narasumber dan peserta secara simbolik.

Pada saat yang bersamaan, di Galeri Nasional Indonesia juga masih berlangsung Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya “Guru Seni Berlari” yang berakhir 28 April 2014.