Berita : Dosen ISI Yogyakarta Sumartono Berpulang

Kabar duka mengawali bulan ini dengan berpulangnya salah satu pengajar senior di bidang seni rupa dan desain, Drs. Sumartono, MA., Ph.D. Ia mengembuskan napas terakhir pada Jumat, 3 April 2020.

Lahir di Yogyakarta, 2 Maret 1951, Sumartono menyelesaikan pendidikan S1 bidang Desain Interior di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta (1982); S2 bidang Art History (beasiswa Fulbright) di University of Chicago, USA (1988); dan S3 bidang Art Theory and History (beasiswa World Bank) di Cornell University, USA (2011). Ia menjadi dosen Program Studi Desain Produk Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta dan Program Pascasarjana Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti. Selain itu, Sumartono juga pernah menjabat sebagai Ketua LPT ISI Yogyakarta, Pembantu Dekan 1 Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Yogyakarta, dan Asesor Senior BAN PT. Ia juga sempat bergabung sebagai kurator Galeri Nasional Indonesia.

Semasa hidupnya, Sumartono mendedikasikan dirinya untuk memajukan seni dalam ruang lingkup pendidikan. Selain mengajar, ia juga menulis artikel dan buku, meneliti, serta menjadi pembicara berbagai pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri.

 

*tnr/dsy/bbs